Masuk

Keindahan Pantai Sulamadaha Ternate

Pantai menjadi salah satu tujuan faforit wisatawan yang pergi berlibur. Bermacam-macam pantai tersebar di seluruh Indonesia, keindahannya sangat menarik mata para wisatawan. Mungkin banyak wisatawan yang hanya tahu pantai di daerah Jawa Barat atau Jawa Tengah. Di Maluku sendiri terdapat banyak pantai yang tak kalah indahnya. Tepatnya yaitu di Ternate. Ternate sendiri adalah kota yang dikelilingi laut. Tak heran jika banyak wisata pantai disana.

n

Salah satunya yaitu Pantai Sulamadaha Ternate di Maluku Utara. Pantai merupakan pantai yang paling terkenal di Ternate. Sudah banyak warga mancanegara yang mengetahui keberadaan Sulamadaha. Pesona pesisir cantik pantai Sulamahada pun menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara. Pantai ini merupakan aset penting yang dimiliki oleh Ternate dan harus dijaga kelestariannya. Pantai ini berada di Desa Sulamadaha. Jika berkendara dengan motor dari pusat kota Ternate, cukup mencapai pantai dengan waktu 30 menit saja atau sekitar 14 km. Setelah memarkirkan kendaraan di parkiran, pengunjung terlebih dahulu berjalan sekitar 10 menit. Tak perlu khawatir, waktu 10 menit itu akan terbayarkan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Pantai ini kini didanai oleh warga sekitar dan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

n

Dari pantai ini kita bisa melihat Pulau Hiri yang berada di seberang. Cukup duduk menikmati angin laut dan pemandangan disekitar pantai sudah cukup menyenangkan. Wisawatan yang ingin ke Pulau Hiri bisa menaiki perahu motor dengan tarif 5 ribu, namun perahu motor hanya akan jalan apabila penumpang sudah penuh. Jika ingin mencari spot yang bagus bisa berjalan menuju Teluk Saomadaha. Hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan berjalan kaki, sudah bisa melihat lautan yang menjorok ke daratan layaknya danau.

n


sumber: https://nativeidonesia.com

n

Selain itu, teluk ini juga berpasir putih dan sangat bening airnya seperti kaca. Bahkan koral-koral bawah air bisa dilihat dengan mata telanjang. Tak perlu khawatir, anak-anak sangat aman jika ingin bermain di teluk. Anak-anak bisa memakai ban dan berenang-renang di tepiannya. Pada hari weekend, libur, teluk ini ramai dikunjungi. Pengelola telah menyediakan jasa sewa ban dengan tarif 5 ribu sepuasnya. Apabila ingin menyisir dengan kano nelayan, cukup membayar 30 ribu saja.  Disini juga disediakan banan boat bagi yang ingin bermain air. Semua aktifitas olahraga air sangat lengkap disediakan oleh warga. Pantai ini pun dikerjakan secara mandiri oleh warga termasuk dalam menyediakan peralatan bermain.

n

Pantai ini juga disebut pantai kaca karena air lautnya sangat jernih seperti kaca. Perahu atau kapal yang terlihat disini akan seperti layang-layang. Di sekitar Pantai Sulamadaha juga telah disediakan kios-kios yang menjual makanan dan minuman. Makanan dan minuman bisa dibawa ke pantai asal tidak membuat kotor. Bisa disantap sambil duduk di kursi warna warni yang disediakan dan memandang pelataran Pantai Sulamadaha. Pantai Sulamadaha memiliki keindahannya sendiri karena pasir hitam dan batuan karang di sekitarnya, hal inilah yang menjadi pesona tersendiri bagi Sulamadaha.

n

Bagi wisatawan yang ingin berenang bisa memakai snorkel dan kaki katak. Bagi yang suka diving, tak akan rugi diving ditempat ini karena keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Dijamin berenang di Pantai Sulamadaha membuat betah berjam-jam karena airnya yang segar dan masih alami. Terlebih lagi keindahannya yang menahan diri untuk menepi. Selain itu, wisatawan juga mencicipi es kelapa muda dan keripik pisang mulut bebek yang dicocol sambal ketika sudah lelah berenang. Betapa nikmatnya menyantap makanan khas Ternate sambil memandangi pemandangan laut.

n


sumber: https://backpackerjakarta.com

n

Di hari kerja pantai ini cenderung sepi. Jika tidak ingin merasakan keramaian cobalah datang di hari kerja. Tentunya sensasi yang dirasakan akan beda. Ketenangan karena sepinya pengunjung dan hanya ditemani oleh semilir angin laut serta ombak kecil dari pantai akan mengurangi beban pikiran.

n

Jika datang kemari saat liburan, akan ada banyak orang yang mengunjungi sehingga pantai terasa sesak. Namun, keindahannya akan mengobati kejenuhan siapa pun yang datang. Pantai Sulamadaha bak oasis cantik di pinggiran Ternate. Tak heran jika banyak turis yang merekomendasikan tempat ini setiap berkunjung ke Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *