Masuk

Uniknya Bakmi Nyemek

Selain mempunyai kekayaan alam yang melimpah, Indonesia memiliki berbagai macam jenis makanan mulai dari makanan daerah hingga makanan modern lainnya. Setiap tempat di Indonesia mempunyai makanan yang menjadi cirri khas daerah tersebut, salah satunya ada di Jawa Tengah yang memiliki banyak kuliner khas dengan citra rasa yang nikmat sebut saja bakmi nyemen yang dapat ditemukan di Sumpiuh, Banyumas. Jika biasanya bakmi dikenal orang-orang dengan sebutan bakmi goreng dan bakmi kuah kini bakmi memiliki varian lainnya yaitu nyemek.

n

Nyemek sendiri berasal dari Bahasa Jawa Sumpiuh yang diartikan tidak basah dan juga tidak kering sehingga bakmi ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu tidak seperti bakmi kuah ataupun bakmi goreng. Walaupun memiliki nama yang aneh dan jarang didengar oleh orang-orang namun bakmi nyemek sangat terkenal khususnya oleh masyarakat Jawa Tengah. Bakmi nyemek sebenarnya terdiri dari bahan yang hampir sama dengan bahan-bahan untuk membuat bakmi goreng atau bakmi kuah. Bakmi nyemek menggunakan mi dan bihun, telur bebek dengan taburan suwiran daging ayam kampung atau daging entok dan dilengkapi dengan irisan kubis, timun, tomat dan juga bawang goreng untuk menambahkan citra rasa gurih.

n

Bakmi nyemek memiliki rasa yang memang khas sehingga sangat nikmat jika dimakan pada saat makan siang ataupun makan malam. Bakmi nyemek yang tidak memiliki kuah banyak ini sangat nikmat jika disantap saat panas, kematangan mie nya pun sangat pas dan tidak kematangan maka dari itu jangan heran jika penggemar bakmi nyemek ini tidak hanya warga Sumpiuh saja melainkan masyarakat sekitar. Bakmi yang namanya masih asing disebagian orang ini seringkali menjadi tujuan utama para pelancong yang lagi berkunjung didaerah yang banyak menjual bakmi nyemek sehingga kini bakmi nyemek semakin tersohor.

n

Namun bagi orang yang belum pernah merasakan bagaimana citra rasa dari bakmi nyemek ini pasti akan terasa aneh dan tidak mebayangkan akan seperti apa tampilan bakmi tersebut. Sepanjang jalan di daerah Sumpiuh banyak para penjual yang menjual bakmi nyemek dan ada beberapa tempat yang sudah sangat terkenal akan kelezatan bakmi nyemeknya. Kini semua orang tidak akan bingung jika ingin berwisata kuliner karena bakmi nyemek dapat menjadi salah satu tujuan karena rasanya yang enak dan teksturnya yang tidak kering karena masih terdapat sedikit kuah yang membuatnya menjadi nyemek.

n

Keunikan lainnya dari bakmi nyemek ini terdapat dari cara memasaknya yaitu dengan menggunakan cara yang sangat tradisional berbeda dengan pembuatan bakmi-bakmi lainnya. Bakmi nyemek khas Jawa Tengah ini menggunakan sebuah tungku yang terbuat dari tanah liat atau dapat disebut anglo untuk memasaknya. Tidak heran jika rasa yang dihasilkan akan sangat mengugah selera karena proses pembuatannya pun masih tradisional dimana makanan yang dimasak dengan cara tradisional lebih enak jika dibandingkan dengan cara modern.

n

Jangan heran jika banyak orang berbondong untuk mencicipi hidangan tradisional ini karena rasanya yang sangat nikmat. Bakmi nyemek ini juga dapat dijumpai di restaurant-restaurant yang ada di Jawa biasanya nama bakmi nyemek pun ditambahkan menjadi bakmi jawa untuk lebih menarik minat para pembeli. Namun harga bakmi nyemek yang disajikan di restaurant sangat berbeda agak lebih mahal jika dibandingkan dengan bakmi nyemek yang ada di rumah makan pinggir jalan. Menikmati hidangan tradisional membuat seseorang akan lebih mencintai Negara Indonesia yang terkenal dengan masakan tradisionalnya yang beraneka ragam.

n

Bakmi nyemek dapat dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga para orang tua, jadi jangan takut untuk mengajak semua anggota keluarga pada saat mencicipi bakmi nyemek khas Sumpiuh ini. Bakmi nyemek ini juga terdapat didaerah sekitar Sumpiuh misalnya saja Purwokerto, rasa yang didapatkan kurang lebih sama seperti aslinya. Namun tetap saja bakmi nyemek yang ada didaerah asalnya jauh lebih ramai jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Pasalnya banyak orang yang suka membeli langsung di tempat asalnya dengan alasan rasa yang konon lebih jauh lebih enak dan tempatnya yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Admin Mongotrip

Admin Mongotrip

Lihat semua postingan menurut Admin Mongotrip

Akun resmi mongotrip.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *