Masuk

4 Makanan Khas Semarang Yang Paling Banyak Dicari

Belum bisa dikatakan berkunjung ke kota Semarang jika anda belum menikmati wisata kuliner khas Lumpia ini. Sebagian besar turis atau wisatawan yang doyan makan pasti akan memburu makanan ciri khas Semarnag mulai dari roti, lumpia, bandeng presto hingga makanan unik lainnya.

n

Sebagai kota tempat membaurnya budaya Jawa dan Tionghoa, Semarang bisa memunculkan makanan khas yang unik dan enak-enak. Berikut ini makanan khas Semarang yang banyak dicari dan wajib anda cicipi.

n

1. Lumpia Semarang

n


sumber: https://lunpiamataramsemarang.com

n

Sebagai salah satu icon Lumpia di Semarang memang memiliki rasa dan sensasi tersendiri dibandingkan lumpia di kota lain. Bahkan sebagian orang menganggap kota Semarang sebagai kotanya Lumpia. Rasa renyah dengan isi rebung ayam manis gurih membuat lidah anda pasti langsung jatuh cinta.

n

Di setiap sudut kota anda bisa menemukan penjual lumpia, salah satunya yang paling legendaris adalah lumpia Mataram yang berada di jalan Mataram. Satu wadah lumpia berkisar antara Rp 9.000 sampai Rp 12.000 tergantung penjualnya.

n

2. Bandeng Presto Juwana Semarang

n


sumber: https://kooliner.com

n

Makanan khas semarang kedua yang sangat populer adalah Bandeng Presto. Makanan legendaris ini sangat disukai oleh berbagai kalangan, terutama kalangan menengah ke atas karena harganya yang cukup tinggi. Namun dijamin tidak akan kecewa karena rasanya yang sungguh enak.

n

Ikan Bandeng yang sudah dipresto dan ditambah bumbu kunyit, garam, bawang putih serta alas daun pisang ditambah dengan durinya yang lunak menambah sedap untuk dimakan. Kemasannya bervariasi mulai dari kecil hingga besar dengan haarga mulai Rp 64.000 an per kilogram yang berisi 5-6 ekor ikan bandenga kecil.

n

3. Wingko Babat

n


sumber: https://food.detik.com

n

Wingko babat menjadi salah satu makanan khas Semarang yang paling banyak diburu. Harganya yang relatif murah dan rasanya yang enak membuat orang paling banyak membeli wingko babat untuk buah tangan. Bahkan di terminal serta tempat-tempat umum persinggahan sangat banyak yang menjual makanan ini.

n

Meski bukan berasal asli dari Semarang namun wingko melejit di kota ini. Asal wingko adalah dari Babat, sebuah desa kecil di Lamongan Jawa Timur. Kemasannya yang praktis dan ukurannya yang kecil membuat makanan ini mudah untuk dibawa bepergian. Rasa yang ada di dalamnya bisa berupa coklat, durian, aren, coklat chip, pisang serta nangka. Harganya cukup terjangkau mulai dari 46 ribu dengan isi 20 bungkus.

n

4. Tahu Bakso Ungaran Semarang

n


sumber: https://jitunews.com

n

Makanan yang satu ini mulai laris di pasaran sejak tahun 2000-an dan perlahan menjadi salah satu icon kota Ungaran yang berbatasan langsung dengan kota Semarang. Salah satu yang paling terkenal adalah tahu bakso Bu Pudji di daerah Langensari Ungaran. Komposisinya sederhana yaitu berupa tahu yang di bagian dalamnya berisi bakso. Kemudian direbus atau digoreng dengan cara khusus sehingga cita rasanya sangat menggugah.

n

Tahu bakso ini sangat murah dengan hanya Rp 20ribu rupiah anda bisa membeli satu kotak yang berisi 10 buah. Namun anda harus memperhatikan masa pembuatan dan tanggal kadaluarsa ya, karena makanan basah ini rentan basi jika tidak disimpan di lemari es.

n

Demikian berbagai makanan khas Semarang yang paling banyak dicari para wisatawan. Jika anda berkunjung di kota ini, jangan lupa untuk mencicipi atau mendapatkan makanan ini sebagai buah tangan. Selamat berwisata.

Admin Mongotrip

Admin Mongotrip

Lihat semua postingan menurut Admin Mongotrip

Akun resmi mongotrip.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *