Masuk

Bersantai di Wisata Nglimut Semarang (Gonoharjo)

Bersantai di Wisata Nglimut Semarang (Gonoharjo)

Terletak di Kabupaten Kendal, Kecamatan Limbangan ada sebuah tempat wisata yang masih asri dan bebas polusi. Nglimut Gonoharjo, destinasi argowisata yang satu ini memang sudah tidak asing bagi para pecinta alam. Objek wisata ini menjadi favorit pengunjung terutama bagi yang berdomisili di Kendal dan Semarang. Tidak heran pada akhir pekan dan libur nasional tempat ini akan padat oleh pengunjung.

Untuk sampai ke Nglimut, ada beberapa rute yang bisa Anda lewati, antara lain melalui Kendal, Semarang, atau Ungaran. Anda dapat menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, truk, atau bus untuk sampai ke tempat ini. Namun, pastikan bahwa kondisi kendaraan tersebut prima karena jalur yang akan Anda lalui cukup menanjak dan berkelok-kelok. Jangan lupa pula siapkan pula minuman dan makanan untuk bekal karena sepanjang jalan menuju Air Terjun Nglimut jarang ada pedagang.

Air Terjun Nglimut Gonoharjo

http://www.eksapedia.com/

Di tempat ini ada sebuah air terjun kembar yang menjadi primadona. Aliran airnya yang terbagi menjadi dua bagian membuat air terjun ini sering disebut Curug Lawe versi Nglimut. Air terjun yang pertama memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sedangkan air terjun yang kedua memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Air terjun kedua tersebut terletak 1 km dari air terjun pertama.

Untuk dapat mencapai air terjun ini, Anda masih harus berjalan kaki ke atas. Lokasi Air Terjun Nglimut terletak sekitar 2 sampai 3 km dari pintu masuk. Diperlukan tubuh yang fit untuk dapat sampai ke lokasi ini. Kenakan pakaian yang nyaman dan hangat karena suhu tempat ini sangat dingin. Selain itu, gunakan sepatu atau sandal yang tidak licin karena medan ini berbatu dan tanah liat.

Jika Anda khawatir kelelahan, terdapat banyak pondok untuk beristirahat sejenak. Sepanjang perjalanan menyelusuri jalan setapak pun Anda dapat merasa terhibur dengan suara serangga dan burung-burung liar. Mata Anda pun dapat disegarkan dengan melihat pemandangan alam yang indah nan eksotis.

Kolam Renang Gonoharjo

http://www.eksapedia.com/

Sebelum mencapai air terjun di sini ternyata ada kolam renang dan pemandian air panas yang akan memanjakan tubuh anda. Kolam renang hanya ada satu dan dipisahkan dengan tali tambang untuk orang dewasa dan anak-anak. Pada sore dan pagi hari air kolam ini cukup dingin namun di siang hari akan terasa hangat.

Sedangkan untuk pemandian air hangat ada di sebelah kolam renang utama. Anda bisa merilekskan pikiran dan badan yang lelah dari pekerjaan. Berbeda dengan kolam utama, di pemandian air hangat ini Anda bisa menikmati bersama-sama anak. Sebab kedalaman kolam yang tidak terlalu dalam sehingga masih aman untuk anak-anak.

Di dekat kolam renang juga terdapat vila dan tamannya yang nyaman. Anda bisa beristirahat dan mengumpulkan tenaga kembali untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun. Untuk masuk ke air terjun, Anda perlu membayar tiket Rp 8.000 per orangnya.

Taman Nglimut Gonoharjo

https://coretanpetualang.wordpress.com/

Setelah beranjak dari kolam renang Gonoharjo, Anda bisa menemui villa di sana. Ini akan memudahkan Anda untuk beristirahat sebab kawasan vila memang biasa digunakan untuk perkemahan. Di sana juga terdapat taman yang indah sehingga banyak yang betah. Di taman terdapat gazebo, penginapan, kebun binatang, dan taman bermain.

Setelah menikmati dan sudah cukup mengembalikan tenaga, selanjutnya Anda bisa menikmati perjalanan menuju air terjun. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan oleh nyanyian burung dan serangga liar. Langkah pertama Anda akan dilalui di turunan penuh anak tangga hingga menemui air terjun kecil. Setelah itu Anda akan menemui medan datar dan kembali menanjak dengan bebatuan. Jangan lupa untuk berhati-hati dan tidak menggunakan sepatu atau sandal yang aus.

Jika Anda merasakan lelah, beristirahatlah terlebih dahulu di pondok-pondok yang sudah disediakan. Di sana juga terdapat pemandian air panas yang menyehatkan. Perjalanan selanjutnya Anda akan menemui pohon kopi di kanan-kiri jalan. Tak lama berjalan, Anda akan menemui air terjun kembar. Anda bisa duduk santai sambil menikmati gemercik air atau berfoto ria dengan orang kesayangan.

Fasilitas Nglimut Gonoharjo

Hanya dengan Rp.12.500/ orang anda dan keluarga bisa menikmati fasilitas yang ada di Wisata Nglimut Semarang. Berikut ini berbagai fasilitas yang akan anda temukan di sini :

    1. Parkir, tempat ini dilengkapi area parkir yang luas dan dikelilingi pepohonan yang menambah asri suasananya.
    2. Kamar mandi dan toilet. Kamar mandi di gonoharjo cukup bersih dan terjaga sekaligus juga toilet yang terawat.
    3. Kolam renang. Kolam renang tersedia dua jenis yaitu untuk anak-anak dan dewasa dengan kedalaman 1 meter dan dilengkapi ruang ganti.
    4. Mushola. Gonoharjo juga dilengkapi dengan tempat ibadah sehingga anda bisa merasa nyaman setelah beribadah pada waktunya.
    5. Pemandian air panas. Sensasi pemandian air hangat ini yang paling menarik bagi para pendatang.
    6. Tempat berkemah. Jika ingin bermalam, sudah tersedia tempat berkemah untuk anda, keluarga atau bersama siswa dan pecinta alam.
    7. Taman. Taman terbagi menjadi dua yaitu taman anak-anak dan biasa. Dilengkapi dengan kolam ikan mujahir dan nila serta gazebo untuk bersantai.
    8. Kantin. Tanpa perlu menahan lapar anda bisa mendapatkan makanan melalui kantin yang menyediakan nasi goreng, bakso, mie ayam serta makanan lainnya.
    9. Ruang aula. Jika anda ingin mengadakan pertemuan di sini, terdapat ruang aula yang cukup luas.

Anda kini sudah mengetahui bukan berbagai fasilitas lengkap dan mengasyikan bisa dinikmati dan menjadi pelengkap liburan bersama keluarga. Tidak usah ragu karena kawasan wisata Nglimut memiliki parkir luas, mushola bersih, kamar mandi bersih, kantin, dan aula.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *