Masuk

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan danau kawah berwarna hijau kebiruan  dengan diameter sekitar 700 meter dan luas mencapai 5.466 hektar dan api biru yang muncul pada malam hari. Kawah memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan volume sekitar 35 juta meter kubik.

Dimana lokasi Kawah Ijen?

Kawah Ijen terletak di Jalan Paltuding, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Kawah ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bagi Anda yang bukan domisili sekitar Banyuwangi atau Bondowoso, dapat menempuh perjalanan dari Surabaya menuju Kawah dengan menggunakan Jalan Nasional II. Jarak tempuh dari Surabaya ke lokasi sekitar 4 jam.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus dari terminal Bus Bungurasih di Surabaya. Bus-bus ini akan mengantarkan Anda langsung ke lokasi tujuan.

Hal yang Bisa Dilakukan

Hal-hal apa saja yang bisak dilakukan jika ke Kawah Ijen? Kawah Ijen menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik untuk dilakukan, antara lain:

Melihat api biru

Fenomena api biru di Kawah Ijen merupakan salah satu daya tarik utama dari kawah ini. Api biru ini muncul pada malam hari akibat reaksi kimia antara belerang dan oksigen. Untuk melihat api biru, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Paltuding menuju puncak kawah. Api biru ini dapat dinikmati hingga dini hari menjelang subuh, jadi Anda dapat bermalam atau camping jika ingin menikmatinya.

Mendaki Gunung Ijen

Selain keindahan kawahnya, Anda juga dapat menikmati keindahan Gunung Ijen dengan mendaki hingga ke puncak gunung. Gunung Ijen merupakan gunung berapi aktif yang terletak di dekat Kawah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl. Untuk mendaki Gunung Ijen, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Paltuding. Gunung Ijen cukup terkenal di golongan pendaki karena keindahan dan jalurnya dengan ketinggian yang cukup bagi pendaki pemula.

Menjelajahi hutan belantara di sekitar kawah

Di sekitar Kawah Ijen terdapat hutan belantara yang masih asri. Anda dapat menjelajahi hutan ini untuk melihat berbagai flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Dikatakan bahwa masih banyak hewan langka yang hidup di area hutan ini. Jika beruntung mungkin Anda dapat menjumpai salah satu dari mereka, namun kita tetap harus menjaga hewan-hewan langka ini agar tidak punah.

Lihat juga Bromo Forest Area.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Ijen

Ketika mengunjungi wisata ini, tujuan utama wisatawan adalah menikmati keindahan panorama di Kawah Ijen. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Salah satu layanan yang disediakan adalah warung makan yang menyajikan hidangan khas daerah setempat. Di sekitar pintu masuk, terdapat banyak warung makan yang menawarkan berbagai hidangan dan minuman, baik lokal maupun yang dikemas dalam kemasan.

Tidak hanya itu, jalur pendakian di tempat ini juga memiliki lebar dan kebukaan yang luar biasa, berbeda dengan sebagian besar gunung lain yang umumnya memiliki jalur pendakian yang lebih sempit.

Berbagai kemudahan lainnya, seperti fasilitas toilet, penyewaan masker, area parkir, layanan taksi lokal, dan berbagai fasilitas lainnya, juga dapat ditemukan di lokasi tersebut.

Tips Berlibur ke Kawah Ijen

Berikut adalah beberapa tips untuk berlibur ke lokasi wisata ini:

Waktu yang tepat untuk berlibur

Waktu terbaik untuk berlibur kesini adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga Oktober. Pada musim kemarau, cuaca di Kawah Ijen cerah dan air kawah berwarna lebih biru.

Bawa perlengkapan yang diperlukan

Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan, seperti pakaian hangat, topi, kacamata hitam, dan masker. Bagi yang ingin melakukan camping pastikan membawa tenda, persediaan makanan, dan perlengkapan camp lainnya.

Berhati-hatilah dengan asam belerang

Asap belerang dapat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat berada di dekat kawah. Pastikan memakai masker atau penutup hidung dan mulut agar bau dari asam belerang tidak terhirup tubuh.

Jaga kebersihan kawah

Kawah Ijen merupakan salah satu kekayaan alam yang harus dijaga kelestariannya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kawah agar tetap indah dan nyaman untuk dikunjungi.

Suka lihat rekomendasi wisata dalam bentuk video? Kunjungi Youtube Mongotrip sekarang!

Tambahkan Ulasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ulasan

Claim listing

Take control of your listing!

Customize your listing details, reply to reviews, upload photos and more to show customers what makes your business special.
Your account will be created automatically based on data you provide below. If you already have an account, please masuk.

Select Plan

Fill the form

Silakan untuk melihat rincian kontak.

Anda Memiliki Pertanyaan?

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi kami di.

Klik Disini